Mantan Pesepakbola George Weah Presiden Liberia

george weah presiden liberia

TOPMETRO.NEWS – George Weah Presiden Liberia, tak terkalahkan pesaingnya Joseph Boakai (73), yang menjabat wakil presiden Liberia dalam 12 tahun terakhir pada pemilihan presiden di negara itu Rabu 27 Desember 2017. Mantan pesepakbola AC Milan itu sukses memenangi 12 daerah dari 15 daerah pemilihan untuk menjadi presiden ke-25 Liberia.

Weah (51) unggul jauh dari kompetitornya, Joseph Boakai (73), yang menjabat wakil presiden Liberia dalam 12 tahun terakhir. Weah sukses memenangi 12 daerah dari 15 daerah pemilihan untuk menjadi presiden ke-25 Liberia.

Dalam akun Twitter miliknya, Weah berujar: “Saya berterima kasih kepada keluarga, teman dan pendukung setia saya yang berkontribusi pada kampanye kami selama musim pemilihan yang sangat panjang ini.”

Sekadar diketahui Weah bakal menggantikan posisi Ellen Johnson Sirleaf, presiden wanita pertama Liberia yang sejak 2006 memegang kekuasaan sebagai pemimpin negara Afrika barat itu.

George Manneh Oppong Ousman Weah demikian nama lengkapnya dan lahir di Monrovia, 1 Oktober 1966. Dia menjadi pemain sepak bola yang terjun ke dunia politik.

Weah lahir dari keluarga dengan 12 anak dan tumbuh di lingkungan kumuh di Monrovia. Setelah pensiun dari sepak bola dia terjun ke dunia politik dan dia dikalahkan oleh Ellen Johnson-Sirleaf dalam pemilu presiden Liberia pada Oktober dan November 2005.

Sebelum terjun ke dunia politik, Weah salah satu pesepakbola terpandang di masanya. Dia pernah memperkuat beragam klub top Eropa seperti AS Monaco, Paris Saint-Germain dan jadi legenda di AC Milan karena mampu meraih dua Scudetto.

Peraih Ballon d’Or pada 1995

Dia menjadi satu-satunya pemain Afrika yang pernah memenangi Ballon d’Or pada 1995. Weah juga tercatat pernah memperkuat Chelsea dan Manchester City. Sepanjang kariernya yang terbentang dari 1988 hingga 2002, Weah mampu mengemas 215 gol dari 538 pertandingan.(tmn)

sumber: poskota

Related posts

Leave a Comment